4 Aktivitas Sederhana Meningkatkan Kebahagiaan Anak

4 Aktivitas Sederhana Meningkatkan Kebahagiaan Anak

Jika berbicara tentang kebahagiaan anak, mungkin yang terlintas di kepala Anda adalah liburan ke luar negeri atau hadiah mainan mahal. Namun, kemungkinan besar kebahagiaan bisa terwujud dengan kegiatan sederhana, seperti memasak bersama, ke kebun bersama, atau berjalan-jalan dengan Anda setiap hari Sabtu. Berikut aktivitas sederhana yang bisa meningkatkan rasa bahagia anak.

1. Membaca Buku

Membaca buku sejak kecil tentunya memiliki banyak manfaat untuk masa depan anak. Meski anak sudah mulai sekolah, Anda bisa mengatur momen untuk membaca buku bersamanya. Buku membawa pandangan baru dari seluruh dunia dan memberi anak banyak pengetahuan untuk hidup mereka.

Pilih waktu santai seperti ketika sore hari. Atau, Anda juga bisa mengajak buah hati membaca buku kesukaannya saat ingin tidur siang atau tidur malam. Selain membuat senang, aktivitas ini bisa meningkatkan ikatan antara ibu dan anak.

2. Jogging 

Jogging adalah olahraga sederhana yang dapat Anda lakukan bersama anak setiap hari tanpa memerlukan perlengkapan yang dumit. Dengan kaos yang nyaman dan celana training, Anda siap menjelajah taman atau komplek di sekitar rumah bersama buah hati. Sambil menikmati pemandangan, aktivitas luar ruangan ini juga bisa dimanfaatkan para orang tua untuk bermain bersama anak.

Selain itu, Anda bisa berbincang-bincang lebih dalam bersama anak agar membuat anak senang. Anda bisa membicarakan bagaimana aktivitas anak di sekolah, apa hal-hal favoritnya, atau menu makanan apa yang diinginkan anak hari ini. Ini pasti akan membuat anak merasa bahagia.

3. Memasak

Baik Anda membuat kue atau memasak hidangan lainnya, libatkan anak-anak dalam persiapannya. Beri mereka tugas-tugas ringan yang tidak berbahaya seperti mengukur takaran dan mengaduk. Tidak bisa di pungkiri, mungkin Anda akan lebih sibuk dalam membersihkan tumpahan tepung atau bahan lainnya.

Jangan marahi anak karena mereka sedang menikmati waktu tersebut. Namun, ini tentu membuat anak nyaman dan menantikan waktu memasak bersama kembali. Aktivitas memasak ini dapat memperkuat hubungan anak dengan orang tua.

4. Main Board Game

Meluangkan waktu Anda untuk dihabiskan bersama anak adalah hal wajib. Anda bisa bermain board game seperti permainan ular tangga, monopoli, ludo, kartu, atau permainan uno. Tentu sangat menyenangkan untuk dimainkan bersama keluarga.

Ini mungkin tampak sepele bagi orang tua, tetapi keterlibatan yang Anda berikan sangat penting bagi anak. Tertawa bersama dengan kesenangan yang diciptakan game ini memperkuat ikatan antara orang tua dan anak-anak. Anda bisa melakukannya setiap akhir pekan atau pada sore hari setelah anak tidur siang.

Sebagai orang tua, penting untuk diingat bahwa Anda adalah panutan bagi anak-anak. Banyak aktivitas yang menurut Anda mungkin sederhana, namun sangat meningkatkan kebahagiaan anak. Selain bagi kebahagiaan, menjaga ikatan antara orang tua dan anak juga dapat terwujud dengan kegiatan-kegiatan sederhana di atas.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.