5 Kegiatan yang Memacu Perkembangan Kognitif Anak

5 Kegiatan yang Pacu Perkembangan Kognitif Anak

Perkembangan kognitif anak usia dini sangat penting untuk masa depannya saat dewasa, karena akan menjadi penentu tingkat kecerdasan dalam berbicara, bertindak, dan mengambil keputusan. Sehingga ada baiknya Anda mulai untuk mengajak si kecil untuk melakukan kegiatan-kegiatan kecil yang dapat membantu perkembangan kognitifnya sedari dini.

Aktivitas yang Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak

Demi mendukung pertumbuhan kognitif tersebut Anda bisa memulainya dengan aktivitas mudah. Ada berbagai aktivitas yang menyenangkan serta menarik bagi si kecil untuk dilakukan di rumah. Berikut ialah beberapa aktivitas mudah serta dapat membantu perkembangan kognitif anak:

1.     Membereskan Mainan

Aktivitas pertama yang bisa dipilih serta mudah untuk anak ialah membereskan mainan miliknya. Walaupun pekerjaan tersebut akan menjadi lebih lama daripada seharusnya, tapi hal tersebut bisa membantu anak agar menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam dirinya serta membuatnya belajar untuk bisa membantu sesama saat mengerjakan sesuatu.

2.     Tebak Suara

Kegiatan seperti menebak suara juga bisa membantu perkembangan kognitif anak usia dini. Anda bisa memulainya dengan mendengarkan suara hewan maupun suara lainnya. Dengan kegiatan ini maka si kecil dapat memahami hubungan dari sebuah objek serta suara di sekelilingnya. Sehingga ia dapat mengenali suara-suara apapun di sekitarnya dengan mudah.

3.     Memilih Mainan

Memberikan sebuah pilihan pada anak ternyata bisa membantunya memiliki rasa percaya diri serta membuatnya bisa belajar untuk mengambil suatu keputusan. Sebagai contoh Anda bisa memulainya dengan memberinya pilihan untuk hanya mengambil satu mainan saat ingin membeli mainan tersebut di toko. Sehingga anak bisa memutuskan mainan apa yang lebih diinginkan dan mengembalikan mainan lain.

4.     Melewati Rintangan

Menghalangi jalan si kecil dengan tumpukan baju atau tumpukan buku yang berserakan ternyata juga bisa membantu perkembangan kognitifnya. Selain hal ini menyenangkan dan seru karena bisa dilakukan sambil bermain dengan anak, faktanya hal ini bisa membuat sang anak memikirkan cara untuk melewati rintangan yang ada agar dapat sampai ke tujuan, sehingga ia dapat menyelesaikan masalah yang ada di hadapannya.

5.     Berhitung

Aktivitas berhitung menjadi salah satu rekomendasi kegiatan yang mampu bantu mengembangkan kemampuan kognitif anak. Anda bisa memulainya dengan menggunakan beberapa barang untuk mulai dihitung oleh si kecil.

Bisa juga dengan memanfaatkan objek lain di sekitarnya seperti menghitung mobil yang lewat di jalan atau piring yang bersusun. Setelah itu, Ada juga bisa mulai untuk membantunya untuk mempelajari elemen warna.

Di atas merupakan beberapa aktivitas-aktivitas mudah yang bisa membantu untuk perkembangan kognitif anak usia dini. Selain hal tersebut masih ada banyak lagi hal kecil serta mudah untuk membantu anak agar dapat mengembangkan dirinya dengan baik. Sehingga anak tersebut bisa tumbuh dengan baik kedepannya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.