Berbagai Manfaat Protein yang Penting Untuk Tubuh

Berbagai Manfaat Protein yang Penting Untuk Tubuh

Protein melakukan berbagai fungsi dalam tubuh, mulai dari sumber energi yang membentuk berbagai enzim dan hormon hingga mendukung sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan protein harian Anda dengan benar karena manfaat protein juga sangat penting.

Seperti halnya lemak dan karbohidrat, protein juga termasuk salah satu nutrisi yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang cukup. Ketika Anda makan makanan yang mengandung protein, sistem pencernaan Anda memecahnya menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh hampir setiap bagian tubuh Anda. Beberapa asam amino dapat diproduksi oleh tubuh, sementara yang lain hanya dapat diproduksi oleh makanan.

Fungsi Protein

1. Sebagai sumber energi

Protein, bersama dengan lemak dan karbohidrat merupakan sumber energi yang penting bagi tubuh. Seperti karbohidrat, protein mengandung 4 kalori per gram, sedangkan lemak menyediakan lebih banyak energi dengan 9 kalori per gram. Saat memproses makanan untuk energi, tubuh terutama menggunakan karbohidrat dan lemak.

Sedangkan protein disimpan sebagai cadangan dan digunakan saat tubuh sangat membutuhkannya, misalnya saat berpuasa selama 18-48 jam tanpa makanan. Dalam jangka panjang, defisiensi protein dapat menyebabkan kwashiorkor dan malnutrisi energi protein.

2. Membangun dan memperbaiki jaringan tubuh

Manfaat protein sebagai blok bangunan yang memainkan peran penting dalam membentuk hampir setiap bagian dari tubuh seperti otot dan tulang, jantung, paru-paru, otak, kulit dan rambut. Selain itu, protein juga berperan dalam menjaga dan mengganti jaringan yang rusak di dalam tubuh.

Dalam kondisi normal, jumlah protein adalah sama setiap hari. Namun, ada beberapa kondisi di mana tubuh membutuhkan lebih banyak protein, seperti ketika jaringan baru tumbuh atau ketika terjadi pemecahan protein lebih banyak, seperti hamil, menyusui, atau orang sakit.

3. Membentuk antibodi

Protein membantu tubuh membentuk imunoglobulin atau antibodi. Antibodi memainkan peran penting dalam memerangi infeksi bakteri atau virus. Antibodi juga membantu tubuh mencegah penyakit di masa depan yang disebabkan oleh bakteri atau virus yang sama.

Ketika tubuh memproduksi antibodi terhadap bakteri atau virus tertentu, sel-sel kekebalan tubuh tidak pernah lupa bagaimana mereproduksinya. Jadi jika bakteri atau virus menyerang lagi nanti, tubuh Anda bisa melawannya lebih baik.

4. Membentuk enzim dan hormon

Enzim adalah protein yang ditemukan dalam sel. Enzim bertanggung jawab atas berbagai reaksi biokimia dalam tubuh, seperti kontraksi otot, pemecahan racun, dan pencernaan makanan. Selain enzim, protein membentuk sebagian besar hormon tubuh. Hormon bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal dan mengatur proses biologis antara sel, jaringan, dan organ.

Masih banyak manfaat protein lain seperti menyeimbangkan pH dan volume cairan tubuh dalam darah, menyimpan cadangan nutrisi tubuh, dan mengangkut bahan kimia masuk dan keluar dari aliran darah dan sel-sel tubuh. Anak-anak juga membutuhkan protein untuk tumbuh kembangnya yang bisa dipenuhi dengan Nestle Dancow sekaligus memenuhi kebutuhan nutrisi lainnya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.