Bubuk Minuman Coklat

Bubuk Minuman Coklat

Tentunya bunda setuju, beda jenis minuman maka beda juga teknik penyimpanannya. Hal tersebut juga berlaku untuk bubuk minuman coklat yang kini banyak dijual di pasaran. Tentunya bunda tidak bisa menghabiskan semua bubuk dalam satu hari.

Oleh karena itu, cara yang paling disarankan adalah dengan menyimpannya. Bubuk adalah bahan yang sangat mudah mengental jika teknik penyimpanannya tidak sesuai. Agar tidak menggumpal, silahkan ikuti teknik berikut :

SIMPAN DI WADAH TERTUTUP

Setelah kemasan bubuk minuman coklat dibuka, pastikan menyimpan bubuk tersebut ke dalam wadah tertutup rapat. Wadah yang tidak tertutup rapat biasanya membuat bubuk menjadi gampang basi dan tentunya gampang kadaluarsa sebelum waktunya tiba.

Jadi, saat membuka kemasan bubuk minuman, silahkan melipat bagian atas kemasan dan kemudian simpan ke dalam wadah yang kedap terhadap air dan tentunya harus rapat. Hal tersebut agar kualitas minuman bubuk dapat terjaga dengan baik.

HARUS DISIMPAN Di WADAH BERSIH

Saat Bunda ingin menyimpan coklat bubuk ke wadah, pastikan wadah yang digunakan harus bersih dan tentunya jangan sampai wadahnya berbau. Perlu Anda ketahui bahwa bubuk coklat mudah menyerap bau yang berasal dari udara.

Jadi wajar jika wadah yang kotor dan tidak sesuai dapat dengan mudah mengubah aroma dan rasa bubuk menjadi kurang enak dan lezat saat dikonsumsi. Belum lagi wadah yang kurang bersih bisa menjadi tempat bakteri berkembang biak.

SIMPAN DI TEMPAT SEJUK DAN JUGA KERING

Selalu hindari menyimpan bubuk coklat di bawah sinar matahari secara langsung. Atau di dekat kompor dan oven. Tempat yang panas biasanya membuat suhu di dalam kemasan menjadi meningkat dan akhirnya membuat bakteri jahat menjadi tumbuh.

Kendati demikian, tidak seharusnya menyimpan bubuk di dalam kulkas. Pasalnya bisa membuat bubuk coklat menjadi lebih menggumpal. Ada baiknya menyimpan bubuk di tempat sejuk atau bersuhu sekitar 13 sampai 24°C.

GUNAKAN SENDOK YANG BERSIH DAN KERING

Pastikan Bunda selalu memakai sendok yang masih bersih dan kering saat mengambil bubuk di dalam wadah. Jika sendok basah atau terkena air, biasanya bubuk yang ada di dalam kemasan menjadi menggumpal.

Hal tersebut karena bubuk proses oksidasi yang bahkan bisa mengurangi kualitas bubuk coklat yang akan dikonsumsi. Proses penguraian ini bahkan bisa mempengaruhi nutrisi di dalam bubuk minuman coklat. Sehingga wajar jika anak tidak dapat menikmati nutrisi secara maksimal.

LIHAT MASA KADALUARSA

Terakhir jangan lupa selalu cek masa kadaluarsa bubuk minuman coklat sebelum digunakan atau diberikan untuk anak. Sebaiknya bubuk coklat dihabiskan kurang dari enam bulan setelah dibeli.

Tujuannya supaya bakteri di dalam susu tidak tumbuh dan berkembang. Jika ternyata masa kadaluarsa bubuk minuman coklat masih lama tapi ada perubahan aroma, tekstur dan warna, sebaiknya susu tidak diberikan pada anak.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.