Manfaat & Belajar Origami untuk Si Kecil

Manfaat & Belajar Origami untuk Si Kecil

Salah satu permainan kreatif yang bisa kalian kenalkan pada si kecil adalah origami. Ya, permainan ini bisa menjadi media pembelajaran yang sangat menyenangkan. Selain tidak sulit, permainan ini juga mengandung nilai-nilai pembelajaran.

Apa Saja Manfaat Belajar Origami?

Seni melipat kertas ini sangat kreatif dan bisa menjadi kegiatan yang bagus untuk si kecil. Selain mengasah ketrampilan, permainan ini juga mengajari si kecil tentang bentuk. Permainan ini juga mempengaruhi aspek psikologis si kecil da bisa menjadi referensi dalam studi akademik. Manfaat lainnya kami rangkum dalam artikel balita dan anak ini:

  1. Melatih kreativitas

Permainan ini menggunakan teknik melipat dengan bahan kertas. Modelnya dapat dikreasikan sesuai kesukaan anak sehingga anak punya imajinasi & kreativitas melalui permainan ini.

  1. Belajar mengikuti arahan

Melalui permainan ini, si kecil diajarkan mengikuti langkah demi langkah melipat yang baik hingga membentuk model yang diinginkan.

  1. Meningkatkan kemampuan motorik

Permainan seni melipat kertas ini juga melatih kemampuan motorik halus dan koordinasi antara tangan & mata karena semua bagian tubuh akan bekerja. Bahkan, bagian otak yang mengendalikan kemampuan bahasa ikut terstimulasi.

  1. Mempererat hubungan ayah/ibu dengan anak

Dengan mengajari si kecil bermain origami, hubungan orangtua dengan si kecil kan semakin erat.

  1. Mengenal geometri

Permainan ini melatih anak mengenali berbagai istilah geometri seperti titik pusat, alur garis, segitiga, dan titik perpotongan dua garis.

  1. Belajar menghargai

Permainan ini mengajarkan si kecil belajar menghargai sebuah karya seni sehingga jiwa anak menjadi lebih halus.

  1. Belajar memecahkan masalah

Tiap permainan origami punya tingkat kesulitan berbeda. Tahapan proses ini melatih si kecil menyelesaikan kerumitan dengan logika.

Ide dan Cara Melipat Origami

Jika kalian tertarik mengajarkan seni melipat kertas origami ke anak, ada beberapa ide mudah. Salah satu yang paling populer adalah bentuk burung. Untuk membuatnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Mulai dengan kertas persegi, lalu lipat kertasnya jadi 2 dengan melipat sudut atas ke bawah sehingga hasilnya seperti segitiga terbalik.
  • Kemudian, lipat bagian atas ke bawah dengan ujungnya menutupi ½ dari bentuk segitiga.
  • Setelah itu, balikkan kertas dan ambil sudut bawah lapisan ke atas, sekitar tengah bagian belakang.
  • Lipat gambar jadi 2 dengan melipat sisi kiri ke kanan.
  • Lipat dengan lipatan yang sama ke belakang untuk membuat salah satu sayap.
  • Lipat sayap lainnya ke belakang.
  • Dorong bagian tengah kepala ke dalam, lalu ratakan. Origami burung sudah jadi!

Selain bentuk burung, beberapa bentuk lain yang juga sederhana dan populer adalah bunga, anjing, ikan,dll. Ternyata, membuat origami sangat mudah, bukan? Mudah-mudahan artikel balita dan anak ini bisa menjadi referensi untuk mengajari si kecil agar terus berkreasi.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published.